A. Latar Belakang
Sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas merupakan aset bangsa dan negara dalam melaksanakan pembangunan nasional di berbagai sektor dan dalam menghadapi tantangan kehidupan masyarakat dalam era globalisasi. Sumber daya manusia ini tiada lain ditentukan oleh hasil produktivitas lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan, yang terdiri atas jalur sekolah dan luar sekolah, dan secara spesifik merupakan hasil proses belajar-mengajar di kelas.
Sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas merupakan aset bangsa dan negara dalam melaksanakan pembangunan nasional di berbagai sektor dan dalam menghadapi tantangan kehidupan masyarakat dalam era globalisasi. Sumber daya manusia ini tiada lain ditentukan oleh hasil produktivitas lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan, yang terdiri atas jalur sekolah dan luar sekolah, dan secara spesifik merupakan hasil proses belajar-mengajar di kelas.
Pendidikan jalur sekolah terdiri atas tiga jenjang yaitu pendidikan
dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi serta bersifat formal,
karena dilaksanakan secara berkesinambungan dan adanya saling
keterkaitan dalam kurikulum yang diajarkan. Jenjang pendidikan yang
lebih tinggi baru bisa diikuti apabila jenjang sebelumnya telah selesai
diikuti dan berhasil (St. Vembriarto,dkk., 1994 : 48).
Inti kegiatan suatu sekolah atau kelas adalah proses belajar mengajar
(PBM). Kualitas belajar siswa serta para lulusan banyak ditentukan oleh
keberhasilan pelaksanaan PBM tersebut atau dengan kata lain banyak
ditentukan oleh fungsi dan peran guru. Pada dewasa ini masih banyak
permasalahan yang berkaitan dengan PBM. Seringkali muncul berbagai
keluhan atau kritikan para siswa,orang tua siswa ataupun guru berkaitan
dengan pelaksanaan PBM tersebut.
Keluhan-keluhan itu sebenarnya tidak perlu terjadi atau setidak-tidaknya
dapat diminimalisasikan, apabila semua pihak dapat berperan, terutama
guru sebagai pengelola kelas dalam fungsi yang tepat.Sementara ini
pemahaman mengenai pengelolaan kelas nampaknya masih keliru.Seringkali
pengelolaan kelas dipahami sebagai pengaturan ruangan kelas yang
berkaitan dengansarana seperti tempat duduk, lemari buku, dan alat-alat
mengajar. Padahal pengaturan sarana belajar mengajar di kelas hanyalah
sebagian kecil saja,yang terutama adalah pengkondisian kelas, artinya
bagaimana guru merencanakan, mengatur, melakukan berbagai kegiatan di
kelas, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dan berhasil
dengan baik.
Pengelolaan kelas menurut penulis adalah upaya yang dilakukan guru untuk
mengkondisikan kelas dengan mengoptimalisasikan berbagai sumber
(potensi yang ada padadiri guru, sarana dan lingkungan belajar di kelas)
yang ditujukan agar proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai
dengan perencanaan dan tujuan yang ingin dicapai.
Sejauh pengamatan penulis jarang sekali ada sekolah di Indonesia yang
melaksanakan pengelolaan kelas dengan tepat, meskipun Departemen
Pendidikan Nasional (Depdiknas) sudah memberikan dan mensosialisasikan
pengelolaan kelas yang seharusnya dilakukan. Depdiknas pernah melakukan
pelatihan bagi guru dan kepala sekolah mengenai pengelolaan kelas, namun
hasilnya belum terlihat secara nyata dalam pengelolaan kelas.
Dalam pengelolaan kelas ada dua subjek yang memegang peranan yaitu guru
dan siswa. Guru sebagai pengelola, sebagai pemimpin mempunyai peranan
yang lebih dominan dari siswa. Motivasi kerja guru dan gaya kepemimpinan
guru merupakan komponen yang akan ikut menentukan sejauh mana
keberhasilan guru dalam mengelola kelas.
B. Pengelolaan Kelas
Pengelolaan kelas dalam bahasa Inggris diistilahkan sebagai Classroom Management, itu berarti istilah pengelolaan identik dengan manajemen.Pengertian pengelolaan atau manajemen pada umumnya yaitu kegiatan-kegiatan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan, dan penilaian. Wilford A. Weber (James M. Cooper, 1995 : 230) mengemukakan bahwa Classroom management is a complex set of behaviors the teacher uses to establish and maintain classroom conditions that will enable students to achieve their instructional objectives efficiently – that will enable them to learn.
Pengelolaan kelas dalam bahasa Inggris diistilahkan sebagai Classroom Management, itu berarti istilah pengelolaan identik dengan manajemen.Pengertian pengelolaan atau manajemen pada umumnya yaitu kegiatan-kegiatan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan, dan penilaian. Wilford A. Weber (James M. Cooper, 1995 : 230) mengemukakan bahwa Classroom management is a complex set of behaviors the teacher uses to establish and maintain classroom conditions that will enable students to achieve their instructional objectives efficiently – that will enable them to learn.
Definisi di atas menunjukkan bahwa pengelolaan kelas merupakan
seperangkat perilaku yang kompleks dimana guru menggunakan untuk menata
dan memelihara kondisi kelas yang akan memampukan para siswa mencapai
tujuan pembelajaran secara efisien. Pengelolaan kelas bukanlah masalah
yang berdiri sendiri, tetapi terkait dengan berbagai faktor.
Permasalahan anak didik adalah faktor utama yang dilakukan guru tidak
lain adalah untuk meningkatkan kegairahan siswa baik secara berkelompok
maupun secara individual.
Keharmonisan hubungan guru dan anak didik, tingginya kerjasama diantara
siswa tersimpul dalam bentuk interaksi.Lahirnya interaksi yang optimal
bergantung dari pendekatan yang guru lakukan dalam rangka pengelolaan
kelas.(Djamarah 2006:179)
Sekolah sebagai organisasi kerja terdiri dari beberapa kelas, baik yang
bersifat paralel maupun yang menunjukkan penjenjangan. Setiap kelas
merupakan untuk kerja yang berdiri sendiri dan berkedudukan sebagai sub
sistem yang menjadi bagian dari sebuah sekolah sebagai total sistem.
Pengembangan sekolah sebagai total sistem atau satu kesatuan organisasi,
sangat tergantung pada penyelenggaraan dan pengelolaan kelas. Baik di
lingkungan kelas masing-masing sebagai unit kerja yang berdiri sendiri
maupun dalam hubungan kerja antara kelas yang satu dengan kelas yang
lain.
Oleh karena itu setiap guru kelas atau wali kelas sebagai pimpinan menengah (middle manager)
atau administrator kelas, menempati posisi dan peran yang penting,
karena memikul tanggung jawab mengembangkan dan memajukan kelas
masing-masing yang berpengaruh pada perkembangan dan kemajuan sekolah
secara keseluruhan, setiap murid dan guru yang menjadi komponen
penggerak aktivitas kelas, harus didayagunakan secara maksimal agar
sebagai suatu kesatuan setiap kelas menjadi bagian yang dinamis di agar
sebagai suatu kesatuan setiap kelas menjadi bagian yang dinamis di dalam
organisasi sekolah.
Dari uraian di atas jelas bahwa program kelas akan berkembangan
bilamana guru/wali kelas mendayagunakan secara maksimal potensi kelas
yang terdiri dari tiga unsur yakni: guru, murid dan proses atau dinamika
kelas.
Kegiatan-kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam pengelolaan kelas antara
lain sebagai berikut : (1) Mengatur tempat duduk peserta didik sesuai
dengan karakteristik peserta didik; (2) Menghidupkan kegiatan kelas; (3)
Mengatur situasi kelas secara teratur dan tertib; (4) Mengecek
kehadiran peserta didik; (5) Mengatur tata cara berbicara dan Tanya
jawab; (6) Memberikan tugas kepada peserta didik dengan tertib dan
lancer; (7) Mengatur pendistribusian alat dan bahan pembelajaran; dan
(8) Mengumpulkan hasil pekerjaan peserta didik, memeriksa dan menilai
hasil pekerjaan tersebut.
C. Pendidikan Karakter
Pengertian karakter menurut Pusat Bahasa Depdiknas adalah “bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen, watak”.Adapun berkarakteradalah berkepribadian, berperilaku, bersifat, bertabiat, dan berwatak”.Menurut Tadkiroatun Musfiroh (UNY, 2008), karakter mengacu kepada serangkaian sikap (attitudes), perilaku (behaviors), motivasi (motivations), dan keterampilan (skills). Karakter berasal dari bahasa Yunani yang berarti “to mark” atau menandai dan memfokuskan bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku, sehingga orang yang tidak jujur, kejam, rakus dan perilaku jelek lainnya dikatakan orang berkarakter jelek.Sebaliknya, orang yang perilakunya sesuai dengan kaidah moral disebut dengan berkarakter mulia.
Pengertian karakter menurut Pusat Bahasa Depdiknas adalah “bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen, watak”.Adapun berkarakteradalah berkepribadian, berperilaku, bersifat, bertabiat, dan berwatak”.Menurut Tadkiroatun Musfiroh (UNY, 2008), karakter mengacu kepada serangkaian sikap (attitudes), perilaku (behaviors), motivasi (motivations), dan keterampilan (skills). Karakter berasal dari bahasa Yunani yang berarti “to mark” atau menandai dan memfokuskan bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku, sehingga orang yang tidak jujur, kejam, rakus dan perilaku jelek lainnya dikatakan orang berkarakter jelek.Sebaliknya, orang yang perilakunya sesuai dengan kaidah moral disebut dengan berkarakter mulia.
Menurut David Elkind & Freddy Sweet Ph.D. (2004), pendidikan karakter dimaknai sebagai berikut: “character
education is the deliberate effort to help people understand, care
about, and act upon core ethical values. When we think about the kind of
character we want for our children, it is clear that we want them to be
able to judge what is right, care deeply about what is right, and then
do what they believe to be right, even in the face of pressure from
without and temptation from within”.
Lebih lanjut dijelaskan bahwa pendidikan karakter adalah segala sesuatu
yang dilakukan guru, yang mampu mempengaruhi karakter peserta didik.
Guru membantu membentuk watak peserta didik. Hal ini mencakup
keteladanan bagaimana perilaku guru, cara guru berbicara atau
menyampaikan materi, bagaimana guru bertoleransi, dan berbagai hal
terkait lainnya.
Menurut T. Ramli (2003), pendidikan karakter memiliki esensi dan makna
yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Tujuannya
adalah membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga
masyarakat, dan warga negara yang baik. Adapun kriteria manusia yang
baik, warga masyarakat yang baik, dan warga negara yang baik bagi
suatu masyarakat atau bangsa, secara umum adalah nilai-nilai sosial
tertentu, yang banyak dipengaruhi oleh budaya masyarakat dan bangsanya.
Oleh karena itu, hakikat dari pendidikan karakter dalam konteks
pendidikan di Indonesia adalah pedidikan nilai, yakni pendidikan
nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia sendiri,
dalam rangka membina kepribadian generasi muda.
Dalam Kamus Poerwadarminta, karakter diartikan sebagai tabiat; watak;
sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang
daripada yang lain. Sedangkan menurut Imam Ghazali karakter adalah
suatu sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan
perbuatan-perbuatan dengan mudah tanpa melakukan pertimbangan fikiran.
Karakter adalah sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang menjadi
ciri khas seseorang atau sekelompok orang.
Pendidikan karakter berpijak dari karakter dasar manusia, yang bersumber
dari nilai moral universal (bersifat absolut) yang bersumber dari agama
yang juga disebut sebagai the golden rule. Pendidikan karakter dapat
memiliki tujuan yang pasti, apabila berpijak dari nilai-nilai karakter
dasar tersebut. Menurut para ahli psikolog, beberapa nilai karakter
dasar tersebut adalah: cinta kepada Allah dan ciptaan-Nya (alam dengan
isinya), tanggung jawab, jujur, hormat dan santun, kasih sayang, peduli,
dan kerjasama, percaya diri, kreatif, kerja keras, dan pantang
menyerah, keadilan dan kepemimpinan; baik dan rendah hati, toleransi,
cinta damai, dan cinta persatuan. Pendapat lain mengatakan bahwa
karakter dasar manusia terdiri dari: dapat dipercaya, rasa hormat dan
perhatian, peduli, jujur, tanggung jawab; kewarganegaraan, ketulusan,
berani, tekun, disiplin, visioner, adil, dan punya integritas.
Penyelenggaraan pendidikan karakter di sekolah harus berpijak kepada
nilai-nilai karakter dasar, yang selanjutnya dikembangkan menjadi
nilai-nilai yang lebih banyak atau lebih tinggi (yang bersifat tidak
absolut atau bersifat relatif) sesuai dengan kebutuhan, kondisi, dan
lingkungan sekolah itu sendiri.
Menurut Ratna Megawangi, Founder Indonesia Heritage Foundation, ada tiga tahap pembentukan karakter:
- Moral Knowing: Memahamkan dengan baik pada anak tentang arti kebaikan. Mengapa harus berperilaku baik. Untuk apa berperilaku baik. Dan apa manfaat berperilaku baik
- Moral Feeling: Membangun kecintaan berperilaku baik pada anak yang akan menjadi sumber energi anak untuk berperilaku baik. Membentuk karakter adalah dengan cara menumbuhkannya.
- Moral Action: Bagaimana membuat pengetahuan moral menjadi tindakan nyata. Moral action ini merupakan outcome dari dua tahap sebelumnya dan harus dilakukan berulang-ulang agar menjadi moral behavior
D. Pengelolaan Kelas Berbasis Pendidikan Berkarakter
Menurut H. Koontz & O’Donnel (Aldag, 1987), pengelolaan berhubungan dengan pencapaian suatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang lain. Hampir senada dengan pendapat tersebut, Siregar (1987) menyatakan bahwa pengelolaan adalah proses yang membeda-bedakan atas: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan dan pengendalian, dengan memanfaatkan ilmu dan seni, agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Pengelolaan juga didefinisikan sebagai sekumpulan orang yang memiliki tujuan bersama dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Menurut H. Koontz & O’Donnel (Aldag, 1987), pengelolaan berhubungan dengan pencapaian suatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang lain. Hampir senada dengan pendapat tersebut, Siregar (1987) menyatakan bahwa pengelolaan adalah proses yang membeda-bedakan atas: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan dan pengendalian, dengan memanfaatkan ilmu dan seni, agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Pengelolaan juga didefinisikan sebagai sekumpulan orang yang memiliki tujuan bersama dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dalam pengelolaan terkandung pengertian pemanfaatan sumberdaya untuk
tercapainya tujuan. Sumberdaya adalah unsur-unsur dalam pengelolaan,
yaitu: manusia (man), bahan (materials), mesin/peralatan (machines), metode/cara kerja (methods), modal uang (money), informasi (information).
Sumberdaya bersifat terbatas, sehingga tugas manajer adalah mengelola
keterbatasan sumber daya secara efisien dan efektif agar tujuan
tercapai.
Proses pengelolaan adalah proses yang berlangsung terus menerus, dimulai dari: membuat perencanaan dan pembuatan keputusan (planning); mengorganisasikan sumberdaya yang dimiliki (organizing); menerapkan kepemimpinan untuk menggerakkan sumberdaya (actuating); melaksanakan pengendalian (controlling). Proses di atas sering disebut dengan pendekatan Barat dengan konsep POAC (Planning-Organizing-Actuating-Controlling), berbeda dengan pendekatan Jepang yang dikenal dengan pendekatan PDCA (Plan-Do-Check-Action).
Dalam konteks dunia pendidikan, yang dimaksudkan dengan manajemen
pendidikan/sekolah adalah suatu proses perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi pendidikan dalam upaya untuk menghasilkan lulusan yang sesuai
dengan visi, misi, dan tujuan pendidikan itu sendiri.
Berdasarkan pada uraian sebelumnya, keterkaitan antara nilai-nilai perilaku dalam komponen-komponen moral karakter (knowing, feeling, dan action)
terhadap Tuhan YME, diri sendiri, sesama, lingkungan, kebangsaan, dan
keinternasionalan membentuk suatu karakter manusia yang unggul (baik).
Penyelenggaraan pendidikan karakter memerlukan pengelolaan yang memadai.
Pengelolaan yang dimaksudkan adalah bagaimana pembentukan karakter
dalam pendidikan direncanakan, dilaksanakan, dan dikendalikan secara
memadai.
Sebagai suatu sistem pendidikan, maka dalam pendidikan karakter juga
terdiri dari unsur-unsur pendidikan yang selanjutnya akan dikelola
melalui bidang-bidang perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian.
Unsur-unsur pendidikan karakter yang akan direncanakan, dilaksanakan,
dan dikendalikan tersebut antara lain meliputi: (a)nilai-nilai karakter
kompetensi lulusan, (b)muatan kurikulum nilai-nilai karakter,
(c)nilai-nilai karakter dalam pembelajaran, (d)nilai-nilai karakter
pendidik dan tenaga kependidikan, dan (e)nilai-nilai karakter pembinaan
peserta didik.
Pemerintah telah menetapkan bahwa lulusan siswa dalam suatu sekolah
hendaknya memiliki nilai-nilai karakter, yaitu mempunyai kemampuan dan
watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa, agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab. Nilai-nilai karakter yang ada dalam pengelolaan kelas adalah
disiplin, terbuka, bertanggungjawab, kerjasama, cermat dan partisipatif.
Hal-hal yang perlu diperhatikan, khususnya guru baru pada pertemuan
pertama dengan peserta didik dikelas sebagai berikut : (1) Bersikap
tenang dan percaya diri sendiri; (2) Tidak menunjukkan rasa cemas, muka
masam atau sikap yang tidak simpatik; (3) Memperkenalkan diri; (4)
Melaksanakan pembelajaran dengan lancer dan tertib; dan (5) Bertindak
disiplin, baik terhadap siswa maupun terhadap diri sendiri.
Terdapat dua macam masalah pengelolaan kelas, yaitu :
1. Masalah Individual :
a. Attention getting behaviors (pola perilaku mencari perhatian).
b. Power seeking behaviors (pola perilaku menunjukkan kekuatan)
c. Revenge seeking behaviors (pola perilaku menunjukkan balas dendam).
d. Helplessness (peragaan ketidakmampuan).
Keempat masalah individual tersebut akan tampak dalam berbagai bentuk tindakan atau perilaku menyimpang, yang tidak hanya akan merugikan dirinya sendiri tetapi juga dapat merugikan orang lain atau kelompok.
2. Masalah Kelompok :
a. Kelas kurang kohesif, karena alasan jenis kelamin, suku, tingkatan sosial ekonomi, dan
sebagainya.
b. Penyimpangan dari norma-norma perilaku yang telah disepakati sebelumnya.
c. Kelas mereaksi secara negatif terhadap salah seorang anggotanya.
d. “Membombong” anggota kelas yang melanggar norma kelompok.
e. Kelompok cenderung mudah dialihkan perhatiannya dari tugas yang tengah digarap.
f. Semangat kerja rendah atau semacam aksi protes kepada guru, karena menganggap tugas
yang diberikan kurang fair. Kelas kurang mampu menyesuakan diri dengan keadaan baru.
1. Masalah Individual :
a. Attention getting behaviors (pola perilaku mencari perhatian).
b. Power seeking behaviors (pola perilaku menunjukkan kekuatan)
c. Revenge seeking behaviors (pola perilaku menunjukkan balas dendam).
d. Helplessness (peragaan ketidakmampuan).
Keempat masalah individual tersebut akan tampak dalam berbagai bentuk tindakan atau perilaku menyimpang, yang tidak hanya akan merugikan dirinya sendiri tetapi juga dapat merugikan orang lain atau kelompok.
2. Masalah Kelompok :
a. Kelas kurang kohesif, karena alasan jenis kelamin, suku, tingkatan sosial ekonomi, dan
sebagainya.
b. Penyimpangan dari norma-norma perilaku yang telah disepakati sebelumnya.
c. Kelas mereaksi secara negatif terhadap salah seorang anggotanya.
d. “Membombong” anggota kelas yang melanggar norma kelompok.
e. Kelompok cenderung mudah dialihkan perhatiannya dari tugas yang tengah digarap.
f. Semangat kerja rendah atau semacam aksi protes kepada guru, karena menganggap tugas
yang diberikan kurang fair. Kelas kurang mampu menyesuakan diri dengan keadaan baru.
E. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
Pengelolaan kelas merupakan seperangkat perilaku yang kompleks dimana guru menggunakan untuk menata dan memelihara kondisi kelas yang akan memampukan para siswa mencapai tujuan pembelajaran secara efisien.
Berdasarkan pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
Pengelolaan kelas merupakan seperangkat perilaku yang kompleks dimana guru menggunakan untuk menata dan memelihara kondisi kelas yang akan memampukan para siswa mencapai tujuan pembelajaran secara efisien.
Faktor yang mempengaruhi pengelolaan kelas adalah kurikulum, bangunan dan sarana, guru, siswa dan dinamika kelas.
Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter
kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau
kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut.
Penyelenggaraan pendidikan karakter memerlukan pengelolaan yang memadai.
Pengelolaan yang dimaksudkan adalah bagaimana pembentukan karakter
dalam pendidikan direncanakan, dilaksanakan, dan dikendalikan secara
memadai.
Kepustakaan :
Anonim. 2008. 6 Indikator Pengelolaan Kelas yang Berhasil. http:// gurukreatif.wordpress.com/2008/03/26/6-indikator-pengelolaan-kelas-yang-berhasil/. Diakses Tanggal 23 September 2011.
Anonim. 2009. Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas. http://www.sekolahdasar. net/2009/02/pendekatan-dalam-pengelolaan-kelas.html. Diakses Tanggal 23 September 2011.
Koesoema, D. 2010. Pendidikan Karakter Integral.http://edukasi.kompas.com/ read/2010/02/11/10244662/Pendidikan.Karakter.Integral. Diakses Tanggal 23 September 2011.
Nurhayati, B. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.
Shintawati. 2010. Pendidikan Berbasis Karakter. http://www.jsit.web.id/index. php?option=com_content&view=article&id=58:pbk&catid=35:dpm&Itemid=57. Diakses Tanggal 23 September 2011.
Sudrajat, A. 2008. Pengelolaan Kelas. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/ 2008/01 /24/pengelolaan-kelas/. Diakses Tanggal 23 September 2011.
Surjana, A. 2002. Efektivitas Pengelolaan Kelas. http://www.bpkpenabur. or.id/ files/Hal.64-80%20Efektivitas%20Pengelolaan%20Kelas.pdf. Diakses Tanggal 23 September 2011.
Wuryanto, A. 2011.Pendidikan Karakter di SMP.http://aguswuryanto.wordpress. com/2011/03/11/pendidikan-karakter-di-smp/. Diakses Tanggal 23 September 2011.
Anonim. 2008. 6 Indikator Pengelolaan Kelas yang Berhasil. http:// gurukreatif.wordpress.com/2008/03/26/6-indikator-pengelolaan-kelas-yang-berhasil/. Diakses Tanggal 23 September 2011.
Anonim. 2009. Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas. http://www.sekolahdasar. net/2009/02/pendekatan-dalam-pengelolaan-kelas.html. Diakses Tanggal 23 September 2011.
Koesoema, D. 2010. Pendidikan Karakter Integral.http://edukasi.kompas.com/ read/2010/02/11/10244662/Pendidikan.Karakter.Integral. Diakses Tanggal 23 September 2011.
Nurhayati, B. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.
Shintawati. 2010. Pendidikan Berbasis Karakter. http://www.jsit.web.id/index. php?option=com_content&view=article&id=58:pbk&catid=35:dpm&Itemid=57. Diakses Tanggal 23 September 2011.
Sudrajat, A. 2008. Pengelolaan Kelas. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/ 2008/01 /24/pengelolaan-kelas/. Diakses Tanggal 23 September 2011.
Surjana, A. 2002. Efektivitas Pengelolaan Kelas. http://www.bpkpenabur. or.id/ files/Hal.64-80%20Efektivitas%20Pengelolaan%20Kelas.pdf. Diakses Tanggal 23 September 2011.
Wuryanto, A. 2011.Pendidikan Karakter di SMP.http://aguswuryanto.wordpress. com/2011/03/11/pendidikan-karakter-di-smp/. Diakses Tanggal 23 September 2011.